1. Tidak Ada BEM Fakultas
2. Fakultas yang sepi (karena mahasiwa sedikit)
3. Banyak dikunjungi mahasiwa luar fakultas (buat ambil MPK)
4. Tidak ada senioritas
5. Tidak boleh panggil mas,mbak,kak,dll (ketika ospek)
6. Fakultas paling tertutup
7. Jarang ada mahasiswa yang sharing di blog/web sehingga kalau searching di google itu2 aja yang keluar
8. Hampir semua MKnya 2 SKS
9. Banyak mahasiswa (cowok) rambut panjang
10. Websitenya jarang diupdate
Friday, August 29, 2014
OSPEK (PPSMB) FILSAFAT UGM 2014
Ospek atau di UGM dikenal dengan nama PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru) merupakan program yang katanya wajib bagi mahasiswa baru.
Kalau di beberapa tempat ospek merupakan ajang perpeloncoan kalau di UGM sudah mulai dikurangi. Meski di tingkat fakultas masih terdapat beberapa "pelatihan mental" menggunakan marah-marah dengan teriak yang dirasa tidak beralasan.
Di UGM sendiri Fakultas Filsafat tergolong paling "manusiawi" dikarenakan tugas yang sedikit dan tidak ada lari-lari. Meski begitu di sini masih saja ada yang namanya komdis,timdis, disma, keamaanan, korlap atau apapun sebutannya yang tugasnya buat mendisiplinkan mahasiswa dengan gaya "semimiliter".
Saya kira tidaklah bisa menggunakan alasan untuk mendisiplinkan mabanya sehingga membentuk petugas khusus yang tugasnya marah-marah karena pada dasarnya mahasiswa tersebut sudah dewasa dan sudah tahu mana yang benar dan mana yang salah. Ini sudah dibuktikan di tingkat Universitas yang tidak menggunakan komdis masih bisa berjalan teratur hanya dengan arahan panitia yang benar.
Jika menggunakan alasan melatih mental sebelum menghadapi dunia perkuliahan yang menurut mereka "kejam" hal ini juga tak beralasan. Ini seolah-olah mengatakan bahwa para dosen di tempat tersebut "kejam" seperti yang dilakukan komdisnya. Padahal menurut saya tidak semua dosen bahkan sedikit sekali dosen yang seperti itu. Mereka scara tidak langsung sudah membuat sebuah pemikiran bahwa yang berada di posisi atas (atasan) dapat marah-marah dengan bebas kepada bawahan. Padahal sesungguhnya akan lebih baik menanamkan budaya nasihat daripada budaya marah-marah.
Saran saya akan lebih baik di masa yang akan datang ospek atau apapun sebutannya haruslah bebas dari kekerasan baik fisik maupun verbal. Kedua akan lebih baik para panitia membudayakan nasihat daripada budaya marah-marah kepada mahasiwa barunya.
PS: maaf jika ada yang tersinggung in hanya opini dari yang saya lihat
Kalau di beberapa tempat ospek merupakan ajang perpeloncoan kalau di UGM sudah mulai dikurangi. Meski di tingkat fakultas masih terdapat beberapa "pelatihan mental" menggunakan marah-marah dengan teriak yang dirasa tidak beralasan.
Di UGM sendiri Fakultas Filsafat tergolong paling "manusiawi" dikarenakan tugas yang sedikit dan tidak ada lari-lari. Meski begitu di sini masih saja ada yang namanya komdis,timdis, disma, keamaanan, korlap atau apapun sebutannya yang tugasnya buat mendisiplinkan mahasiswa dengan gaya "semimiliter".
Saya kira tidaklah bisa menggunakan alasan untuk mendisiplinkan mabanya sehingga membentuk petugas khusus yang tugasnya marah-marah karena pada dasarnya mahasiswa tersebut sudah dewasa dan sudah tahu mana yang benar dan mana yang salah. Ini sudah dibuktikan di tingkat Universitas yang tidak menggunakan komdis masih bisa berjalan teratur hanya dengan arahan panitia yang benar.
Jika menggunakan alasan melatih mental sebelum menghadapi dunia perkuliahan yang menurut mereka "kejam" hal ini juga tak beralasan. Ini seolah-olah mengatakan bahwa para dosen di tempat tersebut "kejam" seperti yang dilakukan komdisnya. Padahal menurut saya tidak semua dosen bahkan sedikit sekali dosen yang seperti itu. Mereka scara tidak langsung sudah membuat sebuah pemikiran bahwa yang berada di posisi atas (atasan) dapat marah-marah dengan bebas kepada bawahan. Padahal sesungguhnya akan lebih baik menanamkan budaya nasihat daripada budaya marah-marah.
Saran saya akan lebih baik di masa yang akan datang ospek atau apapun sebutannya haruslah bebas dari kekerasan baik fisik maupun verbal. Kedua akan lebih baik para panitia membudayakan nasihat daripada budaya marah-marah kepada mahasiwa barunya.
PS: maaf jika ada yang tersinggung in hanya opini dari yang saya lihat
Sebaran Mata Kuliah Filsafat UGM
SEMESTER I
SEMESTER II
SEMESTER III
SEMESTER IV
SEMESTER V
SEMESTER VI
SEMESTER VII
MK Konsentrasi Ilmu dan Teknologi
MK Konsentrasi Filsafat Religi dan Budaya
MK Konsentrasi Filsafat Sospol
MK Konsentrasi Etika Terapan
SEMESTER VIII
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pendidikan Agama | 2 |
2 | Pendidikan Pancasila | 2 |
3 | Pengantar Filsafat | 2 |
4 | Asas-asas Filsafat | 2 |
5 | Logika I | 2 |
6 | Kebudayaan Indonesia | 2 |
7 | Filsafat Barat Pra-Modern | 2 |
8 | Filsafat India Pra-Modern | 2 |
9 | Filsafat Cina Pra-Modern | 2 |
Jumlah | 18 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Bahasa Indonesia | 2 |
2 | Logika II | 2 |
3 | Filsafat Nusantara Pra-Modern | 2 |
4 | Filsafat Barat Modern | 2 |
5 | Filsafat Cina Modern-Kontemporer | 2 |
6 | Filsafat India Modern-Kontemporer | 2 |
7 | Filsafat Islam Pra-Modern | 2 |
8 | Pengantar Studi Agama | 2 |
9 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 2 |
Jumlah | 18 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Filsafat Pancasila | 2 |
2 | Metafisika/Ontologi | 3 |
3 | Filsafat Manusia | 2 |
4 | Epistemologi | 3 |
5 | Aksiologi/Filsafat Nilai | 3 |
6 | Sejarah dan Teori-teori Etika | 2 |
7 | Filsafat Nusantara Modern-Kontemporer | 2 |
8 | Filsafat Barat Kontemporer | 2 |
9 | Filsafat Islam Modern-Kontemporer | 2 |
Jumlah | 21 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Bahasa Inggris Filsafat | 2 |
2 | Filsafat Ketuhanan | 2 |
3 | Filsafat Sosial | 2 |
4 | Filsafat Ilmu I | 2 |
5 | Estetika | 2 |
6 | Etika | 2 |
7 | Metode-metode Filsafat | 2 |
8 | Filsafat Politik | 2 |
9 | Filsafat Hukum | 2 |
10 | Metode Penelitian Soshum | 2 |
Jumlah | 20 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Filsafat Pancasila II | 2 |
2 | Kosmologi | 2 |
3 | Filsafat Akal Budi | 2 |
4 | Filsafat Ilmu II | 2 |
5 | Filsafat Teknologi | 2 |
6 | Multikulturalisme | 2 |
7 | Metode Penelitian Filsafat | 2 |
8 | Hermeneutika | 2 |
9 | Filsafat Agama | 2 |
10 | Filsafat pendidika | 2 |
Jumlah | 20 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Etika Pancasila | 2 |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
3 | Filsafat Sejarah | 2 |
4 | Filsafat Komunikasi | 2 |
5 | Filsafat Ekonomi | 2 |
6 | Filsafat Seni | 2 |
7 | Kearifan Lokal | 2 |
8 | Filsafat Kebudayaan | 2 |
9 | Filsafat Bahasa | 2 |
Jumlah | 18 |
No | SKS | Ket | |
1 | Pendidikan Agama Kontekstual | 2 | |
2 | MK Konsentrasi | 12 | |
3 | A. Ilmu dan Teknologi dalam Perspektif Pancasila | 2 | Pilih Salah Satu |
B. Religi dan Budaya dalam Perspekktif Pancasila | |||
C. Sosial Politik dalam Perspektif Pancasila | |||
4 | Seminar Proposal Skripsi | 2 | |
Jumlah | 18 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Metafisika/Ontologi Iptek | 2 |
2 | Epistemologi Iptek | 2 |
3 | Aksiologi Iptek | 2 |
4 | Sosiologi Iptek | 2 |
5 | Filsafat Kealaman | 2 |
6 | Filsafat Ilmu Hayati | 2 |
7 | Filsafat Ilmu Sosial | 2 |
8 | Filsafat Ilmu Psikologi | 2 |
9 | Seminar Iptek | 2 |
Jumlah | 18 |
MK Konsentrasi Filsafat Religi dan Budaya
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Agama dan Budaya | 2 |
2 | Kritik Budaya | 2 |
3 | Teologi Pembebasan | 2 |
4 | Filsafat Perdamaian | 2 |
5 | Filsafat Mistik dan Perennial | 2 |
6 | Fenomenologi Agama | 2 |
7 | Agama dan Sains | 2 |
8 | Filsafat Wayang | 2 |
9 | Seminar Filsafat Religi dan Budaya | 2 |
Jumlah | 18 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Teori-teori Sosial | 2 |
2 | Teori Sosial Postmodernisme | 2 |
3 | Perbandingan Ideologi | 2 |
4 | Sosialisme Marxisme | 2 |
5 | Liberalisme | 2 |
6 | Nasionalisme | 2 |
7 | Utilitarianisme | 2 |
8 | Feminisme | 2 |
9 | Seminar Filsafat Sosial Politik | 2 |
Jumlah | 18 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Etika Politik | 2 |
2 | Bioetika | 2 |
3 | Etika Bisnis | 2 |
4 | Etika Lingkungan | 2 |
5 | Etika Rekayasa | 2 |
6 | Etika Jurnalistik | 2 |
7 | Etika Biomedik | 2 |
8 | Etika Administrasi | 2 |
9 | Seminar Etika Terapa | 2 |
Jumlah | 18 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | KKN | 3 |
2 | Skripsi | 6 |
Jumlah | 9 |
Subscribe to:
Posts (Atom)