Blogger Widgets

Pages

Friday, October 3, 2014

Pengertian Kebudayaan



1. Menurut Koentjaraningrat (1996) kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan, rasa tindakan serta karya yang dihsilkan manusia dalam kegiatan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar. 

2. Menurut Sugirtharajah (2007) kebudayaan adalah apa yang rakyat kiprahkan, katakan, dendangkan, lukiskan dan tulis, untuk mengungkapkan kemanusian mereka, untuk melepaskan perasaan-perasaan mereka yang tersembunyi di dalam hati mereka yang terdalam, untuk meringankan rasa sakit yang mereka pikul, di dalam jiwa-jiwa mereka, untuk mencari makna penderitaan-penderitaan yang dihujamkan pada tubuh-tubuh mereka.

3. Menurut Taylor dalam Syahrur (1994) kebudayaan adalah kombinasi universal (al-murakkab al kulli) yang mencakup segala aspek pengetahuan, disiplin ilmu, sastra, etika, moralitas, ketetapan, ukuran-ukuran, dan adat istiadat yang dihasilkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

4. Menurut Raid dalam Syahrur (1994) kebudayaan adalah pertumbuhan akumulatif dalam bidang keyakinan, adat istiadat, dankepercayaan masyarakat tertentu yang hidup pada pola interaksi kontinu antar individu dan lainnya.

5.   Menurut Malinowski dalam Syahrur (1994)  kebudayaan adalah ragam perilaku yang mengantarkan manusia pada posisi (konteks yang lebih baik) dengan jalan menyingkap problematika kecendrungan tertentu, dan mengantarkan manusia pada kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat baik lingkungan maupun format kehidupan yang ada di sekelilingnya.

DAFTAR PUSTAKA
Koentjaraningrat. 1996. Pengantar Ilmu Antropologi Jilid I. Jakarta: Rineka Cipta
Sugitharajah, R.S. 2007. Wajah Yesus di Asia. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi
Syahrur, Muhammad. 1994. Tirani Islam: Genealogi Masyarakat dan Negara. Yogyakarta: LKiS

0 komentar:

Post a Comment

google advanced search

blogger

blogger
bloggerlogo

Followers

Search This Blog